Cara Input Aplikasi PMP Secara Bersama-sama (Multi User)
Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan adalah aplikasi yang dikembangkan berbasis web, sehingga memungkinkan untuk dilakukan penginputan data secara multi-user atau dapat dilakukan bersama2 dalam satu jaringan. Namun sebelumnya perlu dipahami konsep jaringan komputer terlebihn dahulu.
Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai PC/laptop servernya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).
Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Untuk membuat koneksi adhoc dari laptop/PC client yang terinstall aplikasi PMP versi 1.3 ke atas adalah sebagai berikut :
Klik icon Network pada taskbar dan klik kanan open network and sharing
center
Setelah klik open network and sharing center akan muncul jendela baru lalu klik Manage wireless network.
Lalu klik add pada pada jendela tersebut :
Lalu akan muncul jendela Manually Connect to a wireless Network lalu pilih
create an ad hoc network seperti pada gambar berikut :
Lalu klik create an ad hoc network dan akan muncul jendela baru lalu klik next
Setelah klik next lalu akan muncul jendela baru untuk melakukan pembuatan nama SSID yang akan digunakan:Keterangan gambar :
- Network name: Diisikan nama SSID atau nama Wifi yang akan di gunakan sebagai server PMP (misal Network name: PMP-Dikdasmen; Password: pmpdikdasmen).
- Security Type: Membantu dari segi keamanan saat pengiputan data. (berikan security type agar aplikasi PMP pada server tidak mudah diakses oleh PC/Laptop selain milik sekolah atau Operator Sekolah).
Setelah selesai melakukan pembuatan nama dan password untuk SSID telah dilakukan makan akan muncul gambar seperti dibawah :
Lakukan cek dengan melihat di menu taskbar dengan icon wireles , lakukan cek pada PC atau Laptop client yang belum terinstall aplikasi dapodikdas.
Jika PC atau Laptop Client sudah connect dengan SSID yang telah dibuat buka Browser pada PC atau Laptop Client lihat ip addres pada laptop server gunakan CMD isi ipconfig dan tekan enter...
Atau gunakan IP yang tertera di laman Detail tadi dan di tambah port 1745 (disini IP=192.168.0.100) maka alamat / IP Aplikasi PMP adalah 192.168.0.100:1745
IP addres laptop server seperti gambar berikut :
Assalamualaikum sebelum'nya perkenal'kan nama saya drs manire kepala sekolah SD Nrgeri 30 Ambon NPSN 601002080 alamat jl sultan babullah kel.silale kec. Nusaniwe kota ambon prov.Maluku, mohon maaf sebelum'nya saya ingin berbagi cerita kepada jajaran kepala sekolah yang lain mengenai perjuangan pembangunan sekolah saya, alhamdulillah sekolah saya sekarang sudah sementara renovasi, pembangunan dan melengkapi isi ruang perpustakaan berkat dana bantuan dari pusat, mulah'nya saya sangat sedih melihat kondisi sekolah saya dan saya pun beberapa kali mengirim berkas proposal ke pemerintah setempat namun tidak ada sama sekali respon dari pemerintah setempat, tapi saya tidak pernah menyerah dalam menghadapi masalah ini dan setiap ibadah aku selalu memohon doa dan petunjuk, alhamdulillah suatu hari itu saya ke dinas pendidikan provensi untuk meminta perhatian kepada kepala dinas, namun kadis prov tidak ada respon juga, alhamdulillah ada salah satu krabat saya yang kebetulan dinas di depdiknas ambon maluku, krabat saya memberikan arahan untuk melapor'kan hal ini ke pusat mendiknas jakarta dan beliau pun juga memberikan nomor ponsel 0853-9845-2015 kepala biro umum bpk DR.SUTANTO S.H.,M. A. beliau menjabat di kemendiknas pusat jakarta, setelah satu minggu kemudian saya memberikan diri menghubungi beliau dan meminta bantuan dalam masalah sekolah saya dan waktu itu saya sempat curhat masalah kondisi sekolah saya dan alhamdulillah beliau ada respon memberikan arahan untuk mempersiapan proposal untuk di kirim ke pusat, alhamdulillah setelah proposal saya tiba di jakarta beliau menghubungi saya untuk menutupi segera pos pos adimistrasi pengurusan berkas'nya, setelah saya ikuti arahan beliau satu minggu kemudian saya mendapat tlp dari beliau dan beliau menyampai'kan bahwa dana'nya sudah masuk ke rekening sekolah, waktu itu saya langsun ke bank BPD kota ambon untuk cek rekening sekolah dan setelah saya serah'kan buku rekening tabungan kepada teller bank dan teller bank menyampaikan dana sudah masuk senilai 250.000.000,00 alhamdulillah saat itu saya tidak sadar'kan diri sujud di depan teller bank, alhamdulillah kini sekolah saya sudah sementara proses pembangunan berkat bantuan bpk DR.SUTANTO S.H.,M.A. beliau selaku kepala biro umum di kemendiknas pusat jakarta, terima kasih kepada bpk dr sutanto moga sukses selalu dan di beri umur panjang amin.
ReplyDelete